Home » Try Out Tes Intelegensia Umum Berbasis CAT ke-14

Try Out Tes Intelegensia Umum Berbasis CAT ke-14

Selamat datang di Try Out Tes Intelegensia Umum Berbasis CAT ke-14

Nama Lengkap
Nomor Handphone
Id Line
Alamat Email
Asal Sekolah
Kota Asal
1.

SINONIM
Abid = ....

2.

SINONIM
Derajah = ....

3.

ANTONIM
Ekses = ....

4.

ANALOGI
Utara : Selatan : Timur = ....

5.

Mikologi : Jamur = ... : ....

6.

PARAGRAF
Pada pertandingan kemarin, tekanan sudah diberikan Korea Selatan (Korsel) sejak menit-menit awal. Namun, pemain belakang Indonesia masih bisa mengantisipasi seranganan lawan dan sesekali membangun serangan balasan hingga turun minum.
Korsel pada sebenarnya mampu menyarangkan bola pada menit ke-11, tetapi wasit masih menganulir gol tersebut karena ada pemain Korsel lainnya yang terperangkan offside.
Memasuki babak kedua, meski berusaha menahan, pertahanan timnas Garuda U-23 akhirnya jebol juga setelah tendangan terarah pemain Korsel, Jung Seunghyun, tidak mampu ditahan oleh M. Nashir. Indonesia pun tertinggal 0-1.
Indonesia kembali dikagetkan oleh gol lawan pada menit 70 setelah tendangan keras Lee Chandong tidak mampu dihalau oleh M. Nasir. Pada menit 83 dan 87, Indonesia kembali kebobolan yang masing-masing dicetak oleh Kim Seungjun dan Lee Changmin.
Dengan kekalahan ini Indonesia harus menunggu harus menunggu hasil dari grup lain untuk terpilih sebagai lima runner-up terbaik untuk lolos ke putaran final (Harian Republika, 1 April 2015).
Berdasarkan isinya, paragraf di tersebut termasuk kedalam jenis paragraf ....

7.

The Coca-Cola Companymerealisasikan investasi senilai US$500 juta kepada anak perusahaan Coca-Cola Amatil di Indonesia melalui penambahan dua lini produksi baru di salah satu pabrik manufaktur yang berlokasi di Cikedokan, Bekasi, Jawa Barat.
Dua lini yang baru diresmikan akan menambah kapasitas produksi sebanyak 60.000 botol per jam. Dengan begitu, total produksi di Indonesia bisa mencapai 450 juta liter per tahun.
Lini 2 merupakan unit produksi minuman teh, sementara lini 3 ialah unit produksi minuman jus dan minuman berkarbonasi. Adapun Lini 1 dan 4 sudah beroperasi pada 2012 dan 2013 dengan kapasitas 21.000 botol per jam.
Adanya mesin baru ini dapat meningkatkan kapasitas produksi untuk memenuhi peningkatan permintaan pasar.
Berdasarkan pola pengembangannya, paragraf tersebut termasuk ke dalam paragraf ....

8.

BILANGAN, AKAR, PECAHAN
Nilai dari adalah ....

9.

Nilai kuadrat hasil penjumlahan adalah ....

10.

Jika 3a + 8b maka presentase (6a + terhadap 12,5b adalah ....

11.

PERBANDINGAN & PENGUKURAN
Sebuah bak penampung air bervolume 20 Liter, akan diisi dengan sebuah kran dengan debit 1 Liter/menit. Tanpa disadar bak tersebut bocor 10/3 cm3/detik. Berapa lama bak tersebut akan terisi penuh?

12.

Sebuah logam campuran terdiri dari tembaga dan emas dengan perbandingan 4:5. Setelah logam campuran tersbut ditambahkan 20 gram tembaga, komposisi perbandingan logam campuran tersebut menjadi sama. Berapakah selisih berat kedua logam tersebut?

13.

Umur Rezki ditambah umur ibunya adalah 22 tahun. Umur Rezki ditambah umur ayahnya menjadi 34 tahun. Sementara umur Ibunya ditambah umur Ayahnya 50 tahun. Jumlah ketiga umur mereka adalah ... tahun

14.

Delapan orang pekerja dapat menyelesaikan pekerjaan dalam waktu 30 hari. Jika pekerjaan ingin diselesaikan dalam waktu 6 hari, berapa tambahan pekerja yang dibutuhkan?

15.

BANGUN DATAR & RUANG
Sebuah persegi yang memiliki sisi 60 cm akan di tutup dengan segitiga siku-siku dengan sisi miring 5 cm. Berapakah jumlah segitiga yang dibutuhkan untuk menutup persegi tersebut?

16.

Sebuah persegi panjang memiliki lebar satu lebihnya dari panjang. Jika panjang persegi panjang tersebut ditambah 2 cm dan lebar ditambah 3 cm, maka memiliki luas 80 cm². Berapakah lebar persegi panjang sebelum ditambahkan?

17.

Dua buah kubus A dan B memiliki selisih panjang rusuk 4 cm. Luas permukaan kedua buah kubus tersebut memiliki selisih 192 cm2. Berapakah panjang rusuk kubus yang besar?

18.

DERET
28, 34, 22, 46, -2, ....

19.

A, K, E, L, I, M, N, ....

20.

2, 2, 3, 8, 35, ..., ....

21.

5*7 [45]
6*12 [84]
7*A [77], maka nilai A adalah ....

22.

LOGIKA POSISI
Soal untuk nomer 22 hingga 25.
Pada suatu ketika terjadi dua bencana yang bersamaan pada daerah 1 dan 2. Terdapat enam relawan dengan spesialisasinya masing-masing siap diterjunkan dikedua daerah bencancan tersebut, yaitu A, B, C, D, E, dan F, dengan ketentuan sebagai berikut:
-Setiap daerah akan mendapat relawan sama banyaknya
-Setiap relawan hanya fokus pada satu daerah penugasan
-Jika A didaerah 1, B harus didaerah 2
-Jika C didaerah 1, A tidak boleh didaerah 2
-Jika B didaerah 2, D tidak boleh didaerah 1

Mana kemungkinan diantara pengelompokan relawan tersebut yang sesuai dengan ketentuan?

23.

Jika B berada di daerah 1, maka pasangan berikut yang tidak mungkin dikelompok 1 adalah ....

24.

Jika A berada di daerah 1, mana diantara hal-hal berikut yang tidak benar?

25.

Jika C ditempatkan bersama D, maka kemungkinan yang tepat adalah ....

26.

LOGIKA MATEMATIKA & PENARIKAN KESIMPULAN
Semua penari profesional adalah seniman.
Sejumlah mahasiswa adalah penari profesional, Jadi ....

27.

Jika siswa datang ke sekolah tepat waktu maka mendapatkan materi secara lengkap. Jika mendapatkan materi secara lengkap maka akan mendapatkan nilai yang baik.
Joni mendapatkan nilai kurang baik.

28.

Dodi dan Dodo adalah kakak beradik. Dodo menyukai jeruk dan tidak menyukai rambutan. Jika Dodi menyukai semangka maka Dodo menyukai rambutan. Dodi menyukai buah pepaya.

29.

HIMPUNAN & PELUANG
Dari 8 orang siswa berprestasi di kampus A, akan dipilih dua orang sebagai perwakilan untuk mengikuti perlombaan. Banyak cara untuk memilih dua orang tersebut adalah ....

30.

Dalam sebuah kelas terdapat 37 siswa. 5 orang menyukai membaca dan menulis. Jumlah siswa yang suka membaca sebanyak 15 orang, sedangkan perbandingan siswa yang menyukai menulis dengan membaca adalah 4:3. Berapakah siswa yang tidak menyukai keduanya?


Sebelum mengumpulkan jawaban, pastikan data diri yang kamu masukan benar!



Tinggalkan Balasan