Home » Berita Terbaru » Jurusan PKN STAN yang Sepi Peminat

Jurusan PKN STAN yang Sepi Peminat

Jurusan PKN STAN yang Sepi Peminat

  1. JURUSAN MANAJEMEN KEUANGAN

Jurusan PKN STAN pertama yang peminatnya sedikit adalah Manajemen Keuangan. Manajemen Keuangan memiliki 3 Program Studi yaitu D3 Kebendaharaan Negara, D3 Manajemen Aset, dan D1 Kebendaharaan Negara. Banyak sekali yang akan dipelajari dari jurusan ini, seperti perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan mengenai penggunaan uang negara. Selain itu, ada juga ilmu mengenai piutang, lelang negara, hukum dan penilaian properti, dan masih banyak yang lainnya.

  1. JURUSAN KEPABEANAN DAN CUKAI

Berbeda dengan jurusan lain, jurusan Kepabeanan dan Cukai menerima calon mahasiswa dengan cara yang cukup ketat. Terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk jurusan ini, seperti mata yang kemampuan penglihatannya tidak boleh minus atau silinder lebih dari 3 atau bahkan buta warna. Syarat tersebut tidaklah aneh karena petugas Bea Cukai harus teliti memerika setiap barang atau benda yang masuk atau keluar dari negara. Selain itu, mahasiswa jurusan ini juga akan dibekali dengan ilmu Kimia dasar yang akan bermanfaat saat Staners bertugas di lapangan.

  1. JURUSAN AKUNTANSI

Jurusan PKN STAN yang selanjutnya adalah Akuntansi. Jurusan ini memiliki peluang penempatan kerja yang cukup luas jika dibandingkan dengan dua jurusan yang sudah disebutkan sebelumnya. Untuk masuk ke jurusan ini, Staners harus memiliki nilai Ujian Saringan Masuk paling tinggi. Banyak sekali ilmu yang bisa didapatkan dari jurusan ini. Selain mendapatkan pelajaran umum seperti pada universitas yang lain, jurusan Akuntansi pada PKN STAN juga akan mempelajari Hukum Keuangan Negara, Akuntansi Pemerintahan, Keuangan Publik, dan masih banyak yang lainnya. Jurusan ini memiliki dua program studi yaitu D4 Akuntansi dan D3 Akuntansi.


  1. JURUSAN PAJAK

Jurusan Pajak berada di urutan terakhir karena jurusan ini memiliki banyak peminat. Jurusan ini memiliki 3 program studi yaitu D3 Pajak, D3 Pajak Bumi dan Bangunan, dan D1 Pajak. Pada jurusan ini Staners akan dibekali dengan berbagai ilmu, seperti pembuatan laporan keuangan perpajakan (PPh, PPN, PPnBM, dan sebagainya), dan berbagai hal mengenai administrasi atau tata usaha dari sisi pemungut pajak. Selain itu, jurusan Pajak juga berhubungan dengan keuangan negara. Sebagian besar lulusan jurusan ini bisa berpeluang besar bekerja di Ditjen Pajak.

Baca juga: Di PKN STAN, Kuliah 7 Minggu Habis itu Ujian

Itu menurut Data dari jurusan yang paling banyak dan yang sedikit, walaupun sedikit peminatnya bukan berarti jurusan itu tidak bagus lho ya, hanya saja mungkin faktor calon mahasiswa yg menginginkan jurusan lain dari jurusan yang sedikit minatnya.

Sumber: https://prioritystan.com/jurusan-pkn-stan-yang-sepi-peminat/

Baca juga: Kebiasaan Nyontek, Jangan Sampai dibawa ke PKN STAN

Follow bimbel bebas di sosmed

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.