Home » Berita Terbaru » Kebiasaan Nyontek, Jangan Sampai dibawa ke PKN STAN

Kebiasaan Nyontek, Jangan Sampai dibawa ke PKN STAN

Kebiasaan Nyontek, Jangan Sampai dibawa ke PKN STAN

Hai gengs, pernah ngga kamu nyontek waktu ujian? Pasti jawabannya pernah ya. Tenang aja, hampir semua pelajar pernah nyontek ko. Jadi kamu ngga sendirian ya. Tapi ketika kamu sudah diterima di PKN STAN, kebiasaan ini wajib dihilangkan. Ngga kaya universitas lain, nyontek di PKN STAN sangat berbahaya gengs. Kalo sampai ketauan dan pengawas ujian punya bukti yang kuat, sudah pasti kamu bakalan di DO tanpa ampun. Sayang kan? Tapi tenang aja, kebiasaan ini bisa dihilangkan ko. Berikut 5 tips yang dapat menghindarkan kamu dari nyontek di PKN STAN ya.

Baca juga: 5 Buku Rekomendasi untuk SPMB PKN STAN 2020

1. Percaya Diri

Pertama, kamu harus PD. Ini adalah kunci utama. Ketika kamu mengerjakan soal yang sudah, belum tentu teman samping kamu bisa mengerjakan. Jadi belum tentu jawaban teman kamu adalah jawaban yang benar ya gengs.

2. Persiapan Matang

Tentunya ketika kamu mau ujian, kamu harus belajar dan paham materi-materi yang diujikan. Di PKN STAN ada pola ujiannya gengs. Jadi setelah 7 minggu perkuliahan kamu akan ujian entah itu UTS atau UAS. Total kamu akan merasakan 12 kali ujian untuk D3 dan 4 kali ujian untuk D1.

3. Lebih Baik Mengarang Bebas

Nah gimana kalo memang bener-bener mentok sama jawaban nih gengs. Gini gengs, di PKN STAN itu kebanyakan ujiannya tertulis dan uraian, jadi kalo kamu mentok mending tulis apapun yang kamu pahami walaupun itu ngawur. Hal ini lebih baik dibanding kamu biarkan kertas ujian kosong gengs. Setidaknya dosen akan memberikan nilai bonus atau upah nulis buat hasil karanganmu.

4. Kurangi Kekhawatiran Berlebih

Kekhawatiran berlebih ini sering melanda para mahasiswa baru. Ya jelas saja karena mereka belum pernah merasakan ujian di PKN STAN. Jadi bawaanny parno duluan. Perlu kamu ketahui ya gengs kalo pengoreksi di setiap ujian itu adalah dosen kalian sendiri. Jadi selow aja dosen di PKN STAN baik-baik. Selama kamu tidak nyontek, akan sulit buat dosen ngasih nilai jelek. Karena kalo nilai kamu jelek, itu sama aja dosen gagal dalam mendidik mahasiswanya.

5. Baik-Baik Sama Dosen

Nah ini juga penting. Ngga semua dosen objektif. Banyak dosen yang ngelihat keaktifan kamu di kelas. Apalagi kalo kamu sering bertanya, jadi ketua kelas, bagus dalam membawakan materi presentasi, atau paling tidak duduk di paling depan. Sudah otomatis kamu bakalan dapet nilai tambah gengs, yang berarti tanpa nyontekpun kamu mudah buat dpt nilai yang bagus.

Baca juga: Resolusi 2020 Masuk PKN STAN?

Follow bimbel bebas di sosmed

  1. […] Baca juga: Kebiasaan Nyontek, Jangan Sampai dibawa ke PKN STAN […]

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.