Home » Berita Terbaru » Mau Tau Jurusan PKN STAN yang Cocok Buat Kamu?

Mau Tau Jurusan PKN STAN yang Cocok Buat Kamu?

Jurusan PKN STAN yang cocok buat kamu

  1. Pajak

Buat kamu yang orangnya teliti, tekun, kritis dan senang berhitung tidak ada salahnya kamu mengambil jurusan ini. Karena dalam prodi ini akan banyak menghafal aturan-aturan perpajakan dan tarif pajak yang berbeda-beda. Selain itu di PKN STAN jurusan Pajak juga akan diajarkan perihal administrasi/tata usahanya dari sisi pemungut pajak, serta hubungannya dengan keuangan negara. Materi yang dipelajar di jurusan Pajak antara lain Pajak Penghasilan (PPh), Pajak Pertambahan Nilai (PPN), Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM), Akuntansi Dasar sampai Menengah, dan mata kuliah lainnya. Lulusan jurusan Pajak sebagian besar akan ditempatkan di Ditjen Pajak. Dalam jurusan Pajak terdapat 3 prodi yaitu DI Perpajakan, DIII Perpajakan, dan DIII Pajak dan Bangunan/Penilai.

 

  1. Akuntansi

Kamu suka hitung-hitungan? Coba ambil jurusan akuntansi. Akuntansi adalah proses pencatatan dan pelaporan transaksi keuangan suatu entitas. Apa saja yang dipelajari di akuntansi? Secara umum, yang dipelajari akuntansi PKN STAN tidak jauh beda dengan universitas lain. Namun, di PKN STAN ada tambahan mata kuliah dibidang pemerintahan seperti Keuangan Publik, Hukum Keuangan Negara, Akuntansi Pemerintahan, dll. Lulusan jurusan akuntansi itu pada dasarnya bisa ditempatkan di semua instansi, karena kemampuannya relatif paling umum bila dibanding dengan jurusan lain yang ada di PKN STAN. Dalam jurusan akuntansi terdapat 2 prodi yaitu DIII Akuntansi dan DIV Akuntansi.

 

  1. Kepabeanan dan Cukai

Buat kamu yang suka kegiatan di outdoor, bisa nih ambil jurusan ini. Perkuliahan di jurusan bea cukai sistemnya militer, karena nanti bisa saja ditempatkan di pelabukan atau daerah perbatasan sehingga mungkin akan menghadapi penyelundup secara langsung. Yang diajarkan di bea cukai antara lain mulai dari kepabeanan yaitu pengawasan atas lalu lintas barang yang masuk atau keluar dari suatu negara (kegiatan ekspor dan impor serta ada kawasan-kawasan tertentu), kemudian materi Cukai yaitu materi tentang barang-barang yang dibatasi penggunaannya, kemudian materi Identifikasi Barang yaitu materi mengenai bagaimana cara kita untuk mengidentifikasi suatu barang, materi pengawasan dan masih banyak lagi. Lulusan bea cukai hampir semua ditempatkan di kantor Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC). Dalam jurusan bea cukai terdapat 2 prodi yaitu DI Kepabeanan dan Cukai yang boleh diambil oleh mahasiswa perempuan, dan DIII Kepabeanan dan Cukai yang mahasiswanya hanya boleh laki-laki saja.

 

  1. Manajemen Keuangan

Cocok buat kalian yang suka hafalan, terdapat 3 prodi dalam jurusan ini, yaitu DI Kebendaharaan Negara, DIII Kebendaharaan Negara, dan DIII Manajemen Aset

Kebendaharaan Negara

Di jurusan ini kalian akan mempelajari perencanaan, pelaksanaan, serta pelaporan dari penggunaan uang negara. Dalam hal perencanaan, yang dipelajari misalnya tentang Sistem Perencanaan Anggaran, Penyusunan APBN, bagaimana Kementrian-kementrian negara/Lembaga mengajukan anggaran, bagaimana mekanismenya menjadi sebuah APBN.

Manajemen Aset

Prodi Manajemen Aset biasa disebut sebagai “Hukumnya STAN”. Karena disini kalian akan berkutak-kutik dengan mata kuliah hukum yang tidak jauh dari topik masalah piutang lelang negara (bisa jadi juru sita atau juru lelang) serta penilaian aset dan properti.

Setelah lulus dari jurusan ini, kalian akan ditempatkan sebagai Direktorat Jenderal Kekayaan Negara.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.