» » Menkeu Hadiri Wisuda 4.436 Lulusan PKN STAN

Menkeu Hadiri Wisuda 4.436 Lulusan PKN STAN

TANGERANG SELATAN – Menteri Keuangan Sri Mulyani memompa semangat para wisudawan PKN STAN. Pesan utama yang disampaikan adalah terus mencintai Indonesia tanpa lelah.

"Jadi Anda kalau mau sukses, tidak hanya diam membaca buku, Anda harus menyiapkan diri untuk terjun. Anda harus belajar dan belajar. Itu adalah cara mental kita untuk memperbaiki republik ini," tuturnya.

Menteri Sri Mulyani juga memaparkan soal visi Indonesia 2045 yang digaungkan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Di mana pada level itu, Indonesia diharapkan mencapai tahapan ekonomi yang lebih tinggi dan kompleks.

"Saya ingin menyampaikan tantangan ke depan. Indonesia baru-baru ini merayakan proklamasi kemerdekaan RI dengan menyampaikan visi yang bisa kita capai pada saat kita insya Allah merayakan 100 tahun kemerdekaan RI, tahun 2045," jelasnya.

Dikatakannya, nanti pada tahun 2045 maka usia para wisudawan PKN STAN hari ini setidaknya sudah berkarier sebagai ASN selama 25 tahun. Artinya, fase itu merupakan capaian karier tertinggi. Namun dia menantang kepada wisudawan apa yang akan diperbuat menyongsong visi 2045.

"Apa yang kita bayangkan pada 2045 saat Indonesia merayakan kemerdekaan 100 tahun? Pada saat itu momentum kemerdekaan dapat kita jaga, Indonesia akan mencapai pendapatan menengah tinggi atau bahkan tertinggi, dengan jumlah penduduk mencapai di atas 300 juta," katanya.

"Mayoritas tinggal di perkotaan, penduduk produktif seimbang dengan usia yang memasuki era penuaan atau ujung. Indonesia mampu mencapai cita-cita tersebut, mendekatkan diri mencapai masyarakat adil, makmur, apabila kita menjaga republik secara sungguh sungguh," tambahnya.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.