Home » Berita Terbaru » Perbedaan STAN dan STIS

Perbedaan STAN dan STIS

Apa sih perbedaan dari STAN dan STIS? Anak Kedinasan Wajib Tahu

Sudah belajar pagi, siang, bahkan sampai malam buat persiapan tes di kampus idaman ternyata dapat surat pemberitahuan kalau tahun ini tidak ada penerimaan mahasiswa baru PKN STAN. Auto banting stir ☹ Huhuhu mimin ikutan sedih.. Kalian harus kuat ya ikhlas pasti ada hikmah dibalik ini semua.

Buat kalian yang masih minat melanjutkan sekolah di kedinasan kalian wajib baca ini, Mimin akan jelaskan perbedaan STAN dan STIS yang mungkin bisa jadi pilihan lain kalian untuk mendaftar di sekolah kedinasan.

A. STAN

  1. Kamu akan berkuliah selama 3 tahun. Begitu lulus bisa jadi pegawai negeri golongan 2C.
  2. Kalau kamu sudah berada di dunia kerja, relatif gaji dan tunjangan lulusan STAN lebih besar dari lulusan STIS. Yang bikin besar itu remunerasinya. Berdasarkan berita terakhir, golongan 3A Direktorat Jenderal Pajak total penghasilanya 12,1 juta.
  3. Tidak ada ikatan dinas. Memang tidak ada ikatan dinas lagi, tapi negara tidak akan mungkin menelantarkan mahasiswa STAN yang sudah dibiayai bertahun-tahun. Jadi beberapa tawaran pekerjaan siap menanti kamu.
  4. Kampusnya ada di pinggiran Jakarta. Lebih tepatnya di Tangerang Selatan, jadi bukan di Jakarta. Biaya hidup jadi lebih murah.

PILIHAN JURUSAN DI PKN STAN

Di bawah ini mimin sertakan juga pilihan jurusan yang ada di PKN STAN yang bisa kamu pertimbangkan salah satunya.

  1. Jurusan Akuntansi

Jurusan Akuntansi STAN bertujuan untuk mendidik para mahasiswa agar memiliki kompetensi bidang akuntansi manajemen atau managerial accounting. Kompetensi tersebut berupa konsep dan praktik yang nantinya akan dibutuhkan oleh berbagai instansi di bawah kementerian keuangan.

  1. Jurusan Pajak

Jurusan PKN STAN selanjutnya adalah jurusan Pajak. Jurusan satu ini menjadi salah satu jurusan favorit yang bisa dibuktikan dengan banyaknya calon mahasiswa yang memilih jurusan ini. Jurusan pajak pada umumnya akan mempelajari tentang penyusunan laporan perpajakan. Selain itu, di jurusan ini kamu akan diajarkan beberapa hal lain, seperti aktivitas tata usaha, administrasi pajak sebagai pemungut pajak, undang-undang perpajakan, hafalan tarif pajak, dan masih banyak yang lainnya.

  1. Jurusan Kepabeanan dan Cukai

Di jurusan satu ini, kamu akan dibekali dengan berbagai hal yang berkaitan dengan transaksi jual beli antar negara seperti aktivitas ekspor dan impor. Aktivitas ekspor dan impor tersebut berkaitan dengan pajak ekspor impor, perizinan, dan syarat yang harus dipatuhi saat melakukan ekspor impor.

  1. Jurusan manajemen Keuangan

Jurusan PKN STAN yang terakhir ini merupakan jurusan yang mempelajari tentang keuangan negara dan penilaian aset dan properti. Pada materi keuangan negara Staners akan belajar mengenai Sistem Perencanaan Anggaran, penyusunan APBN, pelaksanaan APBN di sektor belanja, pembiayaan, pengelolaan kas, dan masih banyak yang lainnya.

ALASAN KENAPA BANYAK PEMINAT STAN

  1. Gaji Tinggi Jika Menjadi Lulusan PKN STAN
    Saat menjadi mahasiswa STAN, kamu seakan sudah mengantongi kepastian untuk mendapatkan penghasilan tinggi. Sebab sebagian besar lulusan STAN akan bekerja pada lingkup Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Kementerian Keuangan adalah salah satu instansi dengan nilai penghasilan PNS yang tertinggi di Indonesia. Bahkan, nilai pendapatan pegawai pada kementerian ini bisa mengalahkan orang-orang di BUMN sekalipun.
  2. Biaya Kuliah Gratis
    Sejak awal masuk sampai kamu selesai kuliah, kamu akan dibebaskan dari biaya kuliah. Hal satu ini juga yang menjadi motivasi ada banyak calon mahasiswa yang berlomba-lomba untuk berkuliah disini. Siapa yang tidak termotivasi jika dari awal masuk kuliah hingga lulus, dikenakan tanpa biaya sama sekali alias gratis.
  3. Materi Kuliah Lebih Spesifik
    Motivasi masuk PKN STAN berikutnya adalah karena ilmu yang dipelajari di kampus PKN STAN sangat penting bagi kelangsungan negara. Ilmu akuntansi pemerintahan yang kamu pelajari bisa diterapkan di pemerintahan, baik di kementerian maupun lembaga tinggi lainnya, dan bahkan pemerintah daerah pun menggunakan akuntansi pemerintahan. Kemudian ilmu pajak juga sangat penting dalam mengumpulkan uang pajak untuk negara, dan ilmu lainnya. Ilmu tersebut bisa kamu pelajari lebih mendalam dan khusus di kampus PKN STAN.
  4. Ada Tawaran Beasiswa
    Menjadi seorang lulusan STAN, kamu juga memiliki kesempatan untuk memperoleh beasiswa. Ada banyak tawaran beasiswa yang bisa kamu pilih untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 atau S3, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Setelah lulus dari program diploma III, kamu bisa terus melanjutkan kuliah karena merasa sudah cukup dengan penghasilan yang tinggi.

B. STIS

  1. Kamu akan berkuliah selama 4 tahun. Begitu lulus bisa langsung jadi pegawai negeri 3A.
  2. Gaji terbilang lumayan karena memang belum ada remunerasi. Kalau BPS lagi banyak proyek, gaji lulusan STAN malah bisa kalah juga.
  3. Ada ikatan dinas sewaktu kamu berkuliah.
  4. Kampus STIS ada di Jakarta. Jadi untuk urusan fasilitas hiburan sudah pasti jauh lebih lengkap dan beragam.

PILIHAN JURUSAN DI STIS

Secara umum, ada 2 pilihan Program Studi atau jurusan yang tersedia di STIS dan salah satunya bisa kamu pilih. Dua pilihan jurusan tersebut diantaranya adalah:

  1. Jurusan Statistik
    Jurusan statistika adalah sebuah jurusan yang berfokus pada pembelajaran statistik. Dimana output dari jurusan ini untuk menghasilkan ahli statistik yang handal terutama pada bidang statistik pemerintahan. Ada dua jenis peminatan pada jurusan statistika, yaitu statistika ekonomi dan statistika kependudukan.
    Statistika ekonomi merupakan peminatan statistik yang fokus kepada pembahasan penggunaan statistik pada berbagai model dan ilmu ekonomi. Statistika kependudukan adalah peminatan statistik yang fokus kepada penggunaan statistik pada bidang kependudukan dan sosial.
  2. Jurusan Komputasi Statistik
    Selanjutnya ada jurusan Komputasi Statistik. Jurusan komputasi statistik adalah sebuah jurusan yang berfokus pada pembahasan pemrograman dalam bidang statistik. Mahasiswa yang mengambil jurusan ini diharapkan akan menjadi seorang ahli teknologi informasi yang andal dalam membuat program dan pengolahan berbagai data statistik.
    Komputasi statistik merupakan jurusan yang sangat menarik di STIS. Bisa dikatakan, jurusan ini sangat cocok untuk mereka yang ternyata tidak menyukai statistik dan ingin mempelajari hal lain.

ALASAN KENAPA BANYAK PEMINAT STIS

  1. Tidak Ada Biaya Kuliah
    Kamu tidak salah baca. Berkuliah di STIS memang cuma-cuma alias gratis. Tidak ada satu rupiah pun biaya akan dibebankan kepada mahasiswa selama proses pembelajaran. Seluruh biaya perkuliahan sudah ditanggung oleh negara. Bahkan, ketika melaksanakan Praktik Kuliah Lapangan di luar provinsi, tidak ada biaya yang diminta. Semua biaya dari persiapan, pemberangkatan, akomodasi, bahkan uang saku juga ditanggung oleh negara.
  2. Kepastian Menjadi PNS Begitu Lulus
    Tidak diragukan lagi, daya tarik STIS satu ini memang sangat memotivasi banyak orang ingin masuk dan kuliah di sana. Sebab lulusannya akan langsung menjadi CPNS setelah lulus kuliah dari STIS. Sepengetahuan Mamikos, semua lulusan STIS selalu diangkat menjadi CPNS di Badan Pusat Statistik (BPS).
    Malah beberapa lulusan STIS sekarang sudah ditempatkan di luar Badan Pusat Statistik. Tentu saja ini menjadi kabar baik bagi yang tidak ingin berkarir di BPS bukan.
  3. Menggunakan Seragam
    Berkuliah di STIS artinya kamu akan memakai seragam selama menjalani masa studi. Seragam yang dikenakan tentu menunjukkan identitas bahwa kamu adalah seorang mahasiswa yang disekolahkan oleh pemerintah. Konsekuensi lain yang harus kamu jalani juga adalah kamu harus selalu berpenampilan baik dan rapi. Tidak boleh gondrong atau berjenggot selama di kampus.
  4. Tidak Ada Asrama
    Berkuliah di STIS mengharuskan kamu untuk mandiri. Sebab pihak STIS tidak menyediakan kamu asrama atau mess. Kamu jadi bebas untuk memilih lokasi tempat tinggal atau kost-kostan. Di sekitar kampus, ada banyak lho kost-kostan berbagai tipe yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Atau kamu juga bisa mengakses aplikasi pencari kost Mamikos. Tentunya dengan satu aplikasi kamu bisa memperoleh berbagai pilihan hunian.
  5. Sistem Kuliah Paket
    Apabila berkuliah di kampus lain kamu akan mengenal sistem SKS (sistem kredit semester) yang memberikan keleluasaan bagi mahasiswa untuk memilih mata kuliah. Namun nyatanya, hal tersebut tidak berlaku jika kamu berkuliah di STIS.
    Dengan berkuliah di STIS kamu akan menjalani masa studi dengan sistem paket yang sudah disiapkan oleh kampus. Tidak ada pilih-pilih mata kuliah di STIS. Kamu akan diwajibkan untuk mengikuti semua mata kuliah yang sudah disiapkan.

Mahasiswa Ikatan Dinas STIS Meperoleh Tunjangan?
Tunjangan ikatan dinas adalah sebuah kompensasi (bisa dalam bentuk barang maupun uang) yang diberikan kepada mahasiswa ikatan dinas yang diperuntukkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Nilai tunjangan ikatan dinas bervariasi atau disesuaikan dengan ketentuan yang berlaku.

Hanya saja sayangnya, sejak tahun 2019, tunjangan ikatan dinas sudah dihapuskan dari STIS sehingga setiap mahasiswa tidak menerima uang apapun dari kampus. Dulu, tunjangan ikatan dinas memang ada. Hingga akhir 2018, tunjangan ikatan dinas ini terus diberikan kepada setiap mahasiswa. Namun sekarang sudah tidak berlaku lagi. mimin sendiri kurang paham mengapa dihapuskan.

Demikianlah ulasan mengenai apa perbedaan STAN dan STIS yang dapat mimin sampaikan. Semoga dengan adanya informasi perbedaan STAN dan STIS ini, kamu jadi dapat melihat dengan jelas kelebihan maupun kekurangan dari dua Sekolah Kedinasan tersebut. mimin harap kamu tidak salah menjatuhkan pilihan dan dapat menjalani masa pendidikan dengan sukacita dan penuh semangat.

sumber: https://mamikos.com/info/apa-perbedaan-stan-dan-stis/

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.